Apakah Begini Cara Pendidik Mengembangkan Kreativitas Anak ?

Menjadi seorang pendidik memang tidak pernah mudah, terlebih lagi mereka yang menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak TK. sebab selain bisa benar-benar mengajar layaknya seorang guru TK, haru juga membuat media bagi para peserta didiknya agar tertarik serta senang dalam kegiatan belajar. Sebagai seorang pendidik tak hanya membuat bagaimana anak dapat memahami materi yang mudah ditangkap oleh otaknya, namun harus membuat media agar anak jauh lebih mudah di dalam menyerap segala macam pelajaran yang telah diajarkan oleh sang guru tersebut. Anak-anak ini pastinya memiliki keterampilan yang mana harus bisa diperhatikan. Oleh karena itu, sebagai orangtua harus bisa mengetahui juga anak-anak mereka pada dalam bidang apa dan harus dikembangkan lebih lanjut lagi. 

Tingkat kreativitas anak bisa saja dilihat sejak mereka berusia 1 tahun. Dimana diawali dengan gerak gerik mereka yang jauh lebih identik menunjukan pada hal apa. Maka sebagai orangtua juga harus mampu mengembangkan kreativitas anak supaya anak kedepannya mampu memiliki kreativitas yang bisa saja dipakai sampai mereka tua nanti. Dalam dunia pengajaran seorang pendidik harus mampu mengembangkan kreativitas anak, oleh sebab itu sebagai seorang pendidik haruslah memiliki karakteristik tersendiri demi bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh sang anak. Seperti : 

Kreatif Serta menyukai Segala Tantangan 

Syarat awal dari seorang guru adalah dengan mampu dalam mengembangkan kreativitas anak. Tanpa hadirnya sifat yang satu ini, maka akan sulit sekali seorang guru bisa dengan mudah memahami keunikan karya serta kreativitas yang dimiliki oleh anak. Selain daripada itu, dirinya juga harus bisa menyukai tantangan demi tantangan yang baru. Sehingga tidak akan benar-benar terpaku pada rutinitas atau hanya mengendalikan program yang ada tapi tetap senantiasa mengembangkan, senantiasa memperbarui dan senantiasa memperkaya aktivitas belajarnya dari waktu ke waktu. 

Jadi kesimpulan yang didapatkan adalah seorang pendidik itu sangat amat perlu memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu mengetahui mengenai aktivitas anak agar mereka nantinya tahu seberapa tingkatan kreativitas dari anak tersebut. 

Mampu Menghargai Karya Anak 

Karakteristik dari seorang guru yang mengembangkan kreativitas anak mereka memang haruslah memiliki sifat yang sangat amat menghargai karya anak apapun itu bentuknya. Nah menghargai anak sangat amat prinsipil sifatnya. Tanpa adanya sikap ini, sangat amat mustahil bagi anak akan mengekspresikan dirinya secara bebas dan mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. 

Penghargaan ini bisa saja berupa pada pujian maupun pengakuan atas seorang guru bahwa anak ini sudah membuat karyanya dengan baik yang membanggakan dirinya. Tanum hal yang perlu sekali diingat bahwa penghargaan ini harus menjadi sebuah motivasi bagi anak untuk terus menerus mengekspresikan diri dan bisa berkembang dengan jauh lebih optimal lagi. Dalam hal ini bisa saja disimpulkan bahwa sebagai seorang pendidik harus memiliki sifat yang sangat amat menghargai seorang anak, apapun yang telah dilakukannya. 

Cukup Menerima Anak dengan Apa Adanya 

Dari setiap anak yang lahir di muka bumi ini, pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang unik dan ada yang sangat khas sekali. Disini sang guru benar-benar dituntut agar mampu memahami adanya keunikan dari setiap anak dan bisa menerimanya dengan baik serta bisa menghindari sikap Diskriminatif. 

Penerimaan terhadap anak ini sangat erat sekali kaitannya dengan rasa aman. Jika anak merasa diabaikan sedikit saja dan tidak benar0benar diterima oleh gurunya maka, sang anak seketika akan kehilangan rasa aman saat sedang berdekatan dengan si guru tersebut. Tanpa terbentuknya rasa aman, seorang anak tidak bisa belajar apalagi dalam mmengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh dirinya tersebut. 

Harus Bisa Menjadi Motivator 

Seorang guru sebagai pengembang kreativitas memang haruslah menjadi seorang motivator atau seorang pendorong bagi peserta didiknya atas seluruh komponen akademik hanya untuk terus menerus mengembangkan diri dan memaksimalkan potensi kreatif yang mereka miliki. Nah dengan sikap Tut Wuri Handayani atas seorang guru, maka nantinya akan akan terus menerus mengembangkan karya-karya kreatif mereka. Dari penjelasan diatas bisa diketahui bahwa guru selain mampu membimbing anak didiknya dalam memahami materi yang diajarkan, namun juga sebagai seorang motivator atau seorang pemberi motivasi kepada anak didiknya. 

Menyukai Seni dan Keindahan yang ada 

Kreativitas anak yang paling mudah sekali di up memang dalam dunia seni. Sebab itu, pendidik atau guru pengembang kreativitas anak haruslah mereka yang memang seorang pecinta seni maupun menyukai keindahan dari setiap seni yang ada. Banyak sudah hasil karya kreativitas tidak serta merta paham begitu saja jika memang guru pengembang dari kreativitas tersebut tidak memahami bahkan tidak menyukai adanya seni dan keindahan. Kalau sudah begini, bagaimana coba cara mereka bisa mengetahui kalau seni ini memiliki arti yang penting untuk para pembuat maupun untuk orang lain. Konsep-konsep dasar mengenai estetika ataupun keindahan memang selayaknya dimiliki oleh guru pengembang kreativitas. 

Selayaknya Harus Memiliki Kecintaan yang Tulus bagi Anak 

Jadi disini Anak sudah menjadi sosok yang sangat amat unik, di satu sisi sepertinya mereka terlihat tidak berdaya namun disisi lain mereka sudah memiliki segudang potensi dan memiliki pemahaman akan situasi yang ada di lingkungan mereka. Anak tentu saja sudah memiliki perasaan dan bisa membedakan mana orang yang benar-benar tulus dalam menyayangi mereka dan mana yang tidak. Kecintaan tulus terhadap mereka akan mampu untuk memberikan kenyamanan secara psikologis terhadap potensi dirinya. 

Dari pada paparan diatas yang sudah kami berikan, semoga saja para pendidik maupun pengajar mengetahui bagaimana cara menjadi guru yang sebenarnya dan mampu saja menciptakan anak kreativitas. Guru tidak asal-asalan dalam mengajarkan seorang anak TK hanya untuk bisa memenuhi tugas sebagai seorang guru namun seorang guru juga harus mendekati anak didiknya biar tidak terjadi salah paham. 

Seorang guru seharusnya bisa melakukan hal-hal seperti apa yang ada di bawah ini, agar nantinya mampu mengembangkan Kreativitas Anak yakni : 

  • Melakukan permainan kecil 
  • Ajarkan anak dalam melatih kemampuan Otak Kanan 
  • Selalu bisa Berkreasi setiap harinya 
  • Selalu bisa memberi anak pengalaman baru 
  • Selalu meningkatkan perbendaharaan kata pada anak
  • Mampu melatih kemampuan mendengar anak 
  • Selalu menyediakan fasilitas yang mendukung kreativitas anak 
  • Hubungkan kreativitas anak pada dunia seni, sebab anak akan mudah cepat tanggap jika mengembangkan kreativitas dengan penggunaan dari seni itu sendiri.