Keuntungan bagi Anak dalam Mengembangkan Bakat Seni

Disini anak-anak bisa mendapatkan keuntungan sangat nyata jika mampu mengembangkan adanya Bakat Seni dalam kehidupannya. Dimana berkesenian ini sendiri menjadi cara terbaik untuk bisa mengembangkan yang namanya sikap kreativitas dikarenakan, seseorang juga bisa mengekspresikan emosinya dengan cara Non-verbal. Dengan adanya seni, dirasa juga ampuh sekali dalam mengembangkan adanya beberapa Aspek Kognitif – Sosial hingga Emosional dari si anak tersebut. 

Lalu disini seni dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia memang bagaikan anak tiri. Maka dari itu daftar s1288, jika bunda bisa mengembangkan sikap kreativitas seni dalam diri anak nantinya akan mendapatkan keuntungan yang nyata. Setidaknya, keuntungan inilah yang benar-benar bisa anak bunda dapatkan jika mampu mengembangkan bakat dari Seni itu sendiri seperti : 

Manfaat Membuat Anak jadi Jauh Lebih Kreatif 

Kreatif disini memiliki arti bahwa anak akan selalu saja memiliki cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Contohnya saja ketika sedang bertengkar dengan temannya, dirinya akan tahu cara untuk menyelesaikan konflik dengan baik-baik. Bahkan menurut Lisa Tanti selaku pemilik dari Art Nouveau dimana anak yang kreatif bisa saja menemukan cara dalam menyelesaikan soal Matematika tanpa adanya menggunakan rumus yang baku atau standar. 

Manfaat  Menjadikan Anak Jauh Lebih Percaya Diri 

Melakukan Seni seperti halnya membuat sebuah Lukisan – Membuat Sebuah Prakarya atau hanya sekedar menari saja akan mampu membangun kebanggan anak terhadap diri sendiri. Pada saat anak melukis, dirinya akan langsung menghabiskan waktu dalam kurun berjam-jam dan telah melibatkan seluruh hati serta jiwanya, dengan berusaha mengolah dan juga membuat hasil dari seninya bisa menjadi indah. Ketika sudah selesai, dirinya akan merasa sangat puas dan juga bangga dikarenakan memang sudah berhasil untuk menciptakan adanya sesuatu pada pengembangan anak itu sendiri. Terlebih lagi jika ditambah dengan adanya apresiasi orang tua dan juga lingkungannya, maka kepercayaan diri anak ini akan jauh semakin besar lagi. 

Jauh lebih Cepat Mengembangkan Kemampuan motorik 

Untuk awal nya, memang anak ini akan menggerakan seluruh lengannya dalam membuat coretan sehingga hasil dari coretannya sendiri bisa menjadi tampak tak beraturan. Namun lama kelamaan, anak bunda akan lebih mampu untuk bisa mengendalikan gerakan tangannya, sehingga hanya ada pergelangan tangannya yang bergerak ketika dirinya menggambar atau hanya menulis saja. 

Coretannya juga menjadi jauh lebih rapi dan juga lebih bermakna. Nah anak yang sudah terbiasa berlatih nantinya kemampuan dari motoriknya akan jauh lebih cepat untuk berkembangnya dibandingkan yang jarang atau tidak pernah dilatih. Dan pada akhirnya anak-anak inilah yang akan jauh lebih cepat untuk bisa menguasai cara dalam memegang krayon – Memegang Kuas – lalu Menggunting dan juga Menempel. 

Belajar Menjadi Jauh Lebih Terfokuskan 

Menurut Lisa, untuk Seni ini sendiri bisa sangat membantu pada anak-anak yang memang berkebutuhan khusus saja. Pada anak ADHD, yang mana sulit fokus pada proses dalam membuat karya seni bisa saja nantinya membuat mereka ini jauh lebih tenang dan juga lebih fokus pada saat melakukan sesuatu. Untuk aktivitas ini sendiri seperti halnya menggambar – menempel dan juga bisa membuat anak jauh lebih konsentrasi kepada hal yang memang dirinya lakukan. Walau banyak sekali aktivitas lain yang terjadi di sekelilingnya. Kemampuan dari berkonsentrasi atau fokus inilah yang kelak nantinya bisa berguna bagi anak-anak ketika harus bisa menyelesaikan soal Matematika atau pada Pelajaran lain yang bisa membutuhkan konsentrasi yang tinggi. 

Cara dalam Menumbuhkan Minat Anak Terhadap Seni 

1. Ajak Anak untuk Menonton Pertunjukan atau Pameran Hasil Karya Seni 

Sambil benar-benar bisa mendiskusikan apa yang dilihat dan juga bisa menanyakan padanya dari hal apa saja yang menurutnya menarik dan bisa membuatnya menjadi tertarik. 

2. Bunda dituntut untuk Menjadi Seorang Penggemar Seni 

Agar nantinya si kecil ini tertarik dengan dunia Seni. salah satu cara yang bisa bunda pakai adalah dengan menunjukkan kepada anak bahwa dengan menjadikan seni sebagai bahan obrolan atau sekedar topik pembicaraan sehari-hari juga bisa mengembangkan bakat seni si kecil. Seperti halnya bunda memberikan beberapa contoh lukisan yang memang ada di rumah bunda atau dari Internet, memberikan contoh pada film animasi, membantu si kecil dalam membuat karya-karya yang simpel dan lain sebagainya. 

3. Bunda Membantu Si Kecil Menyediakan Peralatan Seni

Yang sangat sederhana dan mudah sekali didapat dengan menyediakan peralatan dasar seperti halnya Fingerprint, lalu memberikan lilin mainan dan pensil berwarna seperti Krayon dan Spidol. Lalu untuk membuat prakarya bunda siapkan saja Lem, Selotip tambahan Gunting dan Kuas. biar nantinya mereka mulai memakai daya Imajinasinya untuk meng eksploratif adanya karya seni itu sendiri.

4. Bunda Membantu Si Kecil Menstimulasi dengan Seni

Hal apapun itu yang bisa bunda lakukan adalah selalu mengajak anak untuk bisa memajang Lukisan Bagus, lalu Patung-Patung yang sangat artistik atau dengan memperdengarkan adanya musik-musik yang indah. Selain bisa menjadi elemen dekoratif yang begitu indah, karya-karya ini juga menjadi rangsangan yang sangat baik bagi si kecil. 

5. Membiarkan Si Kecil Memiliki Ekspresi yang Bebas 

Bunda dalam hal ini jangan pernah membatasi adanya kebebasan anak dengan cara mendikte sebagaimana harusnya pada suatu objek yang telah dibentuk dan juga diberi warna. Jika nantinya si kecil ini bisa membuat suatu hal yang tidak biasa menurut Bunda, maka disini bunda boleh mencoba untuk merangsang kembali si kecil dengan mengungkapkan adanya cerita di balik hasil karyanya tersebut. 

6. Bersama-sama Membuat Karya Seni 

Untuk bisa mendongkrak bakat seni dalam diri anak, maka disini bunda bisa bersama-sama dengan si kecil. Tak mesti mengundang seniman, bersama-sama bunda dan si kecil belajar caranya menggambar. Setidaknya caranya menggambar Pohon – Gunung atau Pemandangan lainnya. 

7. Mendorong Si Kecil untuk Jauh Lebih Kreatif 

Hal ini memang benar-benar bisa bunda lakukan dengan cara membacakan sebuah cerita awalan, yang kemudian minta si kecil untuk bisa membuat gambar yang mana menceritakan bagaimana akhir dari cerita ini nantinya atau hanya dengan membuat sedikit coretan di kertas dan mintalah si kecil ini untuk mengembangkannya menjadi bentuk yang memang diinginkan oleh si kecil. 

8. Berikan Guru Seni yang Pas untuk Si Kecil 

Jika ingin jauh lebih berkembang lagi, disini bunda bisa memberikan adanya guru seni. Entah itu dalam seni Melukis atau Bermusik. Namun rata-rata, bunda di luaran sana memberikan guru seni musik. Seperti bunda bisa mengambil guru seni untuk kursus Piano, dan setidaknya menyediakan alat musik tersebut. 

Terakhir adalah, apapun yang telah digambar atau dibuat oleh si kecil setidaknya bunda bisa Pajang atau bisa mendokumentasikan hasil dari karya seni tersebut. Agar nantinya, si kecil bisa bertambah daya rasa percaya dirinya dan juga semakin terpacu untuk bisa jauh lebih ekspresif lagi dan lebih eksploratif lagi dengan dunia seni ini.