Cara Terbaik Melatih Kreativitas Menggambar pada Anak

Nyatanya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh orang tua yakni para bunda-bunda cantik, dalam mengasah kreativitas dan bakat seni si anak. Salah satunya yang paling mudah dengan menggambar, mewarnai, atau membuat prakarya lainnya dengan sangat mudah. 

Selain bisa mengembangkan diri menjadi sebuah individu yang jauh lebih kreatif, maka disini ada beberapa kegiatan tersebut dengan mengasah keterampilan lainnya. Mulai langsung dengan melatih kemampuan motorik, lalu menyalurkan ekspresi diri dan juga memperkuat fokus si anak sendiri. Jika memang biasanya anak ini hanya diberikan kertas gambar sebagai cara hanya untuk bisa melatih kreativitas yang ada. Dan sampai kini, bunda juga bisa menyediakan barang-barang lain sebagai kanvas dalam menyalurkan minat keseniannya tersebut. 

Tak hanya jauh lebih menarik, maka penggunaan dari barang-barang yang tidak biasa ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anak sehingga memiliki jiwa kreativitas jauh lebih berkembang lagi lho bud. Nah berikut ini ada beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan bunda hanya untuk bisa mengembangkan kreativitas seni pada anak. Yuk cek ada cara apa saja si yang bisa saya rangkum pada artikel yang ada di bawah ini. 

CARA 1 : Diawali dengan Bentuk Sederhana 

Untuk awal-awal tips atau cara yang sangat mudah untuk bisa bunda ajarkan adalah pada pembentukan gambar yang sederhana ini. Nah disini anak sendiri mulai bisa diajak dalam melakukan hal menggambar dengan meminta si anak langsung membentuk pola-pola sederhana yakni : bulat, Kota, lalu Segitiga, adanya Jajar genjang, Oval dan lain sebagainya. Jika nantinya si kecil ini sudah mulai aktif atau mahir dalam membuat berbagai macam bentuk-bentuk sederhana. Maka, mintalah si kecil hanya untuk menggambar benda tunggal yang langsung terbentuknya menjadi sangat sederhana seperti Buah Apel, Buah Jeruk, Buah Mangga, Buah Strawberry dan lainnya. 

CARA 2 : Bebaskan Anak untuk Menjiplak Gambar yang Ada ! 

Lalu tips atau cara yang kedua dengan membebaskan si anak ini menjiplak gambar yang sebelumnya sudah ada. Dengan cara menjiplak bisa menjadi sebuah metode belajar gambar yang banyak sekali digunakan oleh para orangtua hanya untuk diterapkan langsung pada anak-anaknya tersebut. Meski dalam hal ini, tidak diperbolehkan terlalu sering melakukan metode tersebut. Namun hanya di awal-awal saja, kalian sebagai bunda bisa membiarkan anak untuk melakukan penjiplakan terlebih dahulu. Dengan cara menjiplak, maka disini kalian akan belajar hanya untuk menggambar bentuk dari sebuah benda yang ada. 

Karena Jasa Heri Halaman 1 - Kompasiana.com

Contohnya : dulu saya semasa kecil, menjiplak gambar seperti uang 500 yang di taruh di bawah kertas HVS, lalu di sisir saja dengan menggunakan arsiran pensil yang ada. Dan teknik ini bisa menjadi pengembang kreativitas si anak sendiri. 

CARA 3 : Berikan Anak Fasilitas yang Pas dan Lengkap 

Yang namanya dunia seni, apalagi ini dalam dunia menggambar pastinya sangat amat membutuhkan perlengkapan agar bisa sesuai gambar yang ada di dalam imajinasi si anak tersebut. Kalian bisa mendukung anak untuk belajar dengan memberikannya fasilitas pas dan lengkap dalam menggambar. Setidaknya berikan media seperti alat-alat menggambar yang si kecil sukai bund. Jangan hanya memberikan Pensil dan Kertas saja, bunda juga bisa menggunakan adanya metode lain seperti : memberikan Crayon, Cat Air dengan Kuas dan Kanvas, lalu berikan Pensil Warna, Spidol dan beberapa alat lainnya sebagai sebuah pelengkap saja. 

CARA 4 : Bunda Berikan Kesempatan dalam Membuat Gambar Berbeda

Kembangkan kreativitas diri pada si kecil memang dengan cara tidak membiarkan si kecil untuk diatur terus, jadi biarkanlah anak ini untuk menggambar bebas dan sesuai sekali dengan keinginan dari anak kalian ya bund. Karena bisa diketahui, dengan menghambat kreativitas anak sangat tidak baik bagi dunia perkembangan motorik si kecil. Setelah si kecil ini menggambar, maka disini bunda jangan lupa untuk memberikan apresiasi atas gambar yang memang dirinya hasilkan. Dengan bunda bisa memberikan apresiasi tersebut pada gambar yang sudah dihasilkan, maka nantinya anak kalian jadi cepat sekali tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. 

CARA 5 : Berikan pilihan Warna dan Media yang Unik 

Disini kalian bisa membiarkan anak untuk menggambar berbagai macam gambar dengan warna-warna yang berbeda. Menggambar dengan adanya warna bisa membuat anak jadi jauh lebih bersemangat hanya untuk menggambar dan terlebih lagi jika bunda bisa menyediakan warna-warna pilihan dari kesukaan yang si kecil lakukan ini. 

150pcs Children School Color Pencil Drawing Set Painting Tool Crayon  Watercolor Art Supplies Stationery Combination Set Gift Kit|crayon  crayons|watercolor crayonart crayons - AliExpress

Kalian selaku orang tua juga jangan terus menerus meminta anak menggambar ini dan itu menggunakan kertas atau buku gambar. Sesekali, kalian bisa mencoba untuk ajak si kecil menggambar di papan tulis atau mungkin di dinding khusus jika memang diperlukan. Agar bisa mengasah imajinasinya tersebut, disini bunda juga bisa melatih si kecil menggambar di kaca saat sedang hujan menggunakan embun, atau melukis di gelas si anak menggunakan cat air yang dimilikinya. Dengan begitu, anak jadi tidak mudah bosan untuk menggambar berbagai macam hal. 

Media Pengganti Kanvas untuk Melukis Kreasi Anak 

Jika pada umumnya anak sering sekali menggambar dengan menggunakan kertas, namun dalam hal ini bunda bisa menyediakan barang-barang yang lainnya sebagai kanvas di dalam menyalurkan minat dan bakat kreativitasnya tersebut. Tak hanya menarik, penggunaan dari barang-barang ini tidak biasa dan menjadi tantangan tersendiri lho bagi si anak sehingga jiwa kreativitas mereka jadi jauh lebih berkembang lagi kedepannya. Misalnya saja seperti : 

Gunakan Karton Tebal + Daun Kering – dalam hal ini bunda bisa menyediakan karton tebal yang polos serta beberapa bunga atau dedaunan kering. Disini bisa disediakan lem, gunting dan juga cat air. Disini kalian bisa arahkan hanya untuk membuat prakarya dengan cara memotong daun kering tersebut menjadi bentuk hati atau bintang. Lalu bunda biarkan saja untuk menempelkannya pada sebuah karton tersebut. Agar tidak polos berilah warna-warna kesukaan pada kerta tersebut. 

Sediakan Cangkir dengan Alat Cat Air – lalu barang selanjutnya yang bisa digunakan adalah segelas cangkir dan bunda bisa nih sediakan cangkir polos beserta dengan cat airnya. Arahkan saja anak untuk membuat langsung gambar yang bertema bebas dengan warna-warna dari kegemarannya. Sebaiknya, disini kalian bisa gunakan cat air khusus serta aman agar nanti warnanya bisa menempel dengan baik di cangkir tersebut ya bund. Jika sekiranya sudah selesai menggambar dan mewarnai, maka bunda bisa biarkan cangkir ini sampai kering dan hasil karya ini juga benar-benar termanfaatkan dengan sebaik mungkin. 

Mewarnai Celengan Polos – jika bunda mengajarkan menabung anak sejak dini, maka carilah celengan yang memiliki motif polos ya bund. Jadi sebelum benar-benar memulai untuk menabung bunda bisa jadikan celengan ini sebagai media utama untuk menggembangkan pola kreativitas dalam dunia seni. Dengan mewarnai sesuka hati mereka, maka nanti si kecil jadi jauh lebih bersemangat lagi dalam menabung. 

Itu dia beberapa cara terbaik di dalam melatih kreativitas menggambar pada anak kalian. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat kedepannya bagi bunda dan sikecil ya…