Cara Menjadi Orang Kreatif

Menjadi seorang kreatif dengan berjuta ide tentunya bukan sebuah hal mudah. Apalagi jika menjadi seorang kreatif adalah salah satu bagian dari pekerjaan. Diane Von Furstenberg, merupakan seorang ikon desainer fesyen yang juga memimpin sejumlah perusahaan ternama termasuk orang yang kelihatannya selalu menemukan sebuah ide baru untuk produknya.

Padahal faktanya seperti yang telah dikutip dari eonline, bintang yang pernah bermain dalam reality show House of DVF itu membuktikan bahwa dirinya tak selamanya sukses di dalam dunia fesyen. Hanya saja dia memang sesekali dapat melarikan diri dari kejenuhannya tersebut. Hal yang biasanya ia lakukan adalah menyalurkan hobi travelingnya, dan juga membaca banyak buku.

Cara Menjadi Orang Kreatif

Kreatif adalah salah satu kemampuan manusia untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan cara yang baru dan unik, serta cara tersebut dapat menghasilkan pemikiran berguna bagi kehidupan manusia sehingga dapat terus berkembang. Kebanyakan orang juga berpikir bahwa sebuah proses berpikir secara kreatif dapat terjadi secara ajaib atau bahkan datang dari langit dan sebagainya. Mereka menganggap itu semua adalah sebuah bakat bawaan atau sebuah kemampuan super dari otak kanan manusia.

Padahal banyak sekali karya-karya kreatif yang ada di dunia ini, termasuk yang ada di Indonesia. Terlahir dari tangan seorang analitis atau mereka yang sangat mengandalkan otak kirinya dalam berfikir. Berikut ini akan dibahas beberapa cara menjadi seseorang yang kreatif, hal ini juga dapat anda lakukan untuk mendapatkan berbagai macam ide.

Traveling

Traveling atau berwisata ke tempat yang baru, adalah cara yang tetap untuk menggali sebuah ide. Dengan dikelilingi oleh lingkungan yang tepat dengan orang-orang baru, nantinya akan menjadi salah satu cara yang bagus untuk dapat mengguyur panca indra dengan berbagai macam hal dan pengalaman baru. Biasanya hal ini tidak pernah gagal untuk memanggil ide-ide cemerlang hadir.

Musik

Ada yang bilang jika musik klasik dapat merangsang bayi untuk jadi lebih cerdas. Jadi anda juga dapat mengasah sebuah keterampilan dengan menggunakan musik, hal tersebut juga bisa menjadi sebuah hal yang dapat mengasah kreativitas orang dewasa. Tentu saja anda tidak harus menggunakan musik klasik. Perluas pengalaman baru anda dengan keberanian menjajal berbagai macam genre yang berbeda.

Mencoba hal-hal baru

Setiap manusia pastinya akan cenderung terjebak dalam rutinitas. Akibatnya hal ini akan membuat anda merasa bosan dan juga jenuh, ini juga bisa menjadi penghalang ide-ide bagus masuk. Cari jalan keluar dari rutinitas dengan cara mencoba berbagai hal-hal baru. Misalnya mencoba kelas memasak dan menjajal beberapa olahraga baru, atau anda dapat menjajal penampilan baru.

Membaca

Tidak hanya dikenal sebagai seorang perancang terkenal, Diane juga menjadi orang yang telah beberapa kali berhasil menerbitkan buku dan ia juga merupakan seseorang yang gemar membaca. Membaca adalah sebuah cara luar biasa untuk dapat belajar dari sebuah pelarian mental. Plus, membaca adalah sebuah cara kita untuk dapat mempelajari sesuatu atau dua hal baru sekaligus.

Bersosialisasi

Temui teman-teman atau bahkan orang-orang baru, bergaulah dengan banyak orang. Jadilah bagian dari dunia, bersenang-senang bersama dengan manusia lain, tentunya akan menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan. Cara ini nantinya akan dapat memperdalam makna dari kehidupan dengan cara yang cukup menyenangkan. Inspirasi yang muncul nantinya bukan hanya untuk Anda saja tapi juga untuk mereka, orang-orang yang bergaul dengan anda.

Bersantai

Dalam dunia ini yang bergerak cepat, ada kalanya juga kita butuh waktu untuk dapat bersantai dan juga sendiri. Bermeditasi atau melakukan sebuah yoga dapat melarikan diri anda dari keseharian tanpa memberi tahu orang lain Anda sedang dimana. Saat terlepas dari stres dan tidak berpikir keras, biasanya adalah waktu yang tepat untuk memunculkan banyak ide.

Tentang diri sendiri


Tentang otak Anda untuk dapat melakukan banyak hal-hal, dan ide-ide serta metode baru. Secara konstan cobalah berbagai aktivitas yang dapat mendorong Anda keluar dari zona nyaman. Ketika Anda berhasil untuk mengatasi tantangan tersebut maka Anda akan merasakan sebuah perasaan yang lebih berdaya dan juga lebih bangga untuk dapat mengatakan, “Ternyata saya bisa.”

Menghayal

Tidak masalah sesekali untuk dapat mencoba keluar dari sebuah kenyataan dan membiarkan semua imajinasi anda berkelana liar. Otak kita pun tentunya perlu istirahat dan melarikan diri ke dalam ke dunia fantasi atau kemanapun yang Anda ingin. Anggap saja ini sebagai sebuah cara dan juga sebuah liburan mental.

Catat dalam buku harian

Seringkali ide-ide akan datang secara tiba-tiba dan kemudian juga dapat menghilang dan kemudian terlupakan ketika kita disibukkan oleh berbagai macam kegiatan. Jadi jangan tunggu hingga ide tersebut hilang, bawa sebuah buku catatan kecil untuk dapat mencatat pada saat ide anda datang. Mencatat ide yang muncul juga memberikan sebuah kesempatan untuk dapat merefleksikan diri anda kembali lagi nantinya. Siapa tahu hal tersebut nantinya akan menjadi sebuah puisi yang indah, lagu, novel, bahkan sebuah hal yang lebih besar.

Ide itu murah

Lupakanlah tentang betapa luar biasanya sebuah ide. Ide sebenarnya murah (bahkan ide tidak ada harganya), setiap orang yang nantinya akan dapat memikirkan ratusan ide brilian mereka dalam sehari. Yang mahal dari itu semua adalah “kemampuan” dan “kemauan” untuk dapat mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan. Ide yang muncul sebagus apapun, nantinya tidak ada artinya jika tidak pernah dieksekusi. Lagi pula Anda tidak akan pernah bisa untuk dapat menilai harga dari sebuah ide, sehingga lupakanlah tentang ide-ide kreatif atau apapun yang ada dan nantinya berhubungan dengan ide.

Jadi jika Anda menemukan sebuah ide ataupun juga sebuah celah yang bagus tetapi tidak dijalankan dengan cara yang buruk, mungkin itulah kesempatan anda untuk dapat mengembangkan ide tersebut, atau lebih bagus lagi jika nantinya tidak ada orang yang mengeksekusi ide tersebut atau masih (minim persaingan), ingat bahwa ide itu adalah sebuah hal yang murah. Memang Anda tetap membutuhkan sebuah ide untuk dijalankan tetapi pada kenyataannya ide dan eksekusi biasanya hampir tidak pernah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, karena itu fokuslah pada eksekusinya saja.

Tentu saja masih banyak cara untuk dapat menjadi pribadi yang kreatif, tetapi jika Anda ingin mencobanya maka mulailah dengan memperbanyak pengalaman yang anda miliki. Tirulah seseorang dan improvisasikan dengan tiruan anda yang lain atau dengan cara Anda sendiri. Atau jika Anda menemukan sebuah ide yang bagus tetapi dijalankan dengan cara yang buruk, maka kembangkanlah ide tersebut menjadi sebuah hal yang baik untuk anda.

Demikian itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjadi seseorang yang kreatif. Dengan menguasai berbagai macam poin agar menjadi seseorang yang kreatif, anda juga harus jeli untuk melihat peluang. Dengan begitu nantinya anda dapat menjadi seseorang yang kreatif. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan membantu anda untuk menjadi seseorang yang kreatif. Terima Kasih.